Menurut sebuah survey, hampir 75% penduduk di dunia pernah menginap di hotel. Hotel didirikan mulai dari bangunan kecil (Menyerupai Ruko) sampai Gedung - gedung menjulang yang sangat indah.
Setiap orang memiliki kesempatan menginap di hotel, mungkin hanya sekedar menginap dan menikmati fasilitas yang diberikan, atau menginap karena sedang melakukan aktivitas hiburan atau rutin seperti dinas keluar kota atau konser keluar negeri.
Nah, minat para pengunjung hotel dinilai dari pelayanan yang diberikan hotel tersebut sehingga membuat pengunjung yang menginap di hotel merasa puas dan nyaman, Dan biasanya hal tersebut ditandai dengan Bintang yang di berikan pada suatu hotel.
Lantas, apa sebenarnya arti dari bintang tersebut? Apa hanya sebagai hiasan atau pajangan di iklan surat kabar atau tv?
Ternyata tidak! Bintang tersebut menyatakan kelas yang dimiliki hotel tersebut. Taraf bintang bisa dimulai dari bintang 1 hingga bintang 5 bahkan lebih. Semakin banyak bintang yang dimiliki suatu hotel, maka semakin lengkap pula fasilitas yang diberikan untuk para pengunjung.
Menurut peraturan suatu negara, menentukan hotel berbintang dapat dinilai dari :
1. Jumlah kamar yang disediakan hotel untuk para pengunjung yang akan menginap
2. Struktur dari bangun hotel tersebut
3. Perlengkapan dan fasilitas yang disediakan hotel
4. Mutu Pelayanan Hotel
Nah, syarat - syarat yang dimiliki hotel berbintang dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
Hotel Berbintang 1 ( * )
- Sebuah Hotel akan dikatakan berbintang satu jika minimal memiliki :
Kurang lebih memiliki 15 kamar hotel, 1 kamar suite room, dan restaurant.
Hotel Berbintang 2 ( * * )
- Sebuah Hotel akan dikatakan berbintang dua jika minimal memiliki :
Kurang Lebih memiliki 20 kamar hotel, 2 kamar suite room, restaurant dan memiliki fasilitas tambahan.
Hotel Berbintang 3 ( * * * )
- Sebuah Hotel akan dikatakan berbintang tiga jika minimal memiliki :
Kurang Lebih memiliki 30 kamar hotel, 3 kamar suite room, restaurant, dan memliki fasilitas tambahan.
Hotel Berbintang 4 ( * * * * )
- Sebuah hotel akan dikatakan berbintang empat jika minimal memiliki :
Kurang lebih memiliki 50 Kamar hotel, 4 kamar suite room, restaurant, taman , kolam renang serta fasilitas tambahan lainnya.
Hotel Berbintang 5 ( * * * * * )
- Sebuah Hotel akan dikatakan berbintang lima jika minimal memiliki :
Kurang lebih memiliki 100 kamar hotel, 5 kamar suite room, restaurant, taman, kolam renang serta fasilitas tambahan lainnya.
Kabarnya, sekarang ternyata sudah ada hotel berbintang 6 (* * * * * * ). Tentu saj hotel tersebut memiliki fasilitas yang Lengkap dan melebihi Syarat dari kelima kelas diatas. Semakin banyak fasilitas yang ditawarkan, semakin besar pula Biaya yang perlu anda keluarkan hanya untuk menginap dan menikmati fasilitas di hotel berbintang.
Nah, bagi anda yang ingin menginap di hotel, ada baiknya dikenal pula beberapa istilah yang kerap digunakan dalam dunia perhotelah, supaya anda tidak bingung ketika bertransaksi di hotel. Karena kenyataannya memang ada beberapa pengunjung yang belum paham istilah-istilah yang dipakai di sebuah hotel, yang umumnya menggunakan istilah asing.
Berikut beberapa istilah itu dan artinya, di antaranya :
1. Safe Deposit :
Fasilitas yang diberikan hotel untuk menyimpan barang - barang berharga milik tamu.
2. Suite room :
Kamar dengan fasilitas lounge area ( ruang bersantai )
3. Twin room :
Kamar yang memiliki 2 kasur yang terpisah.
4. Standard Room :
Kamar yang disediakan oleh hotel dengan fasilitas standar yang biasanya tidak menawarkan makanan dan tanpa diskon.
5. Resevation :
Pemesanan kamar hotel sebelum menginap, baik melalui telepon atau internet.
6. Reception :
Tempat untuk mendapatkan informasi tentang hotel dan untuk check in. Petugas di sini biasa disebut sebagai receptionist.
7. Low Season :
Tarif standar murah karena permintaan kamar menurun seperti awal masuk sekolah atau bekerja.
8. Group rate :
Tarif khusus untuk tamu rombongan.
9. Guest House :
Bangunan rumah yang disewakan untuk wisatawan dengan tarif dibawah harga hotel. biasa disebut sebagai wisma atau mess.
10. HouseKeeping :
Petugas hotel yang menjaga kebersihan dan keamanan hotel.
11. Hostel :
Penginapan yang diberikan pada pengunjung yang suka berhemat.
12. High Season :
Tarif standar menjadi mahal karena permintaan kamar menaik seperti awal liburan.
13. Homestay :
Rumah penduduk yang disediakan untuk para wisatawan yang ingin menginap.
14. Front desk :
Tempat dimana anda akan menerima kunci, salam bila ingin menginap dihotel.
15. Extra Bed :
Fasilitas kasur tambahan jika tamu melebihi kasur yang disediakan.
16. Double Room :
Kamar untuk 2 orang yang memiliki kasur yang cukup besar.
17. Deluxe Room :
Salah satu kamar diatas kamar standar atau biasanya. yang membedakannya adalah ukurannya serta fasilitas yang diberikan.
18. Corparate Rate :
Tarif khusus untuk para tamu perusahaan yang sudah biasa menginap.
19. Confirmed Booking :
Konfirmasi tertulis dari pihak hotel bahwa permintaan kita di setujui oleh pihak hotel.
20. Check in :
Waktu awal masuk hotel. biasanya setiap hotel berbeda waktu check in, namun standarnya jam 1 siang.
21. Check in :
Waktu keluar meninggalkan hotel.
22. Longue :
Ruang atau aula tempat mengobrol dan bersantai di (biasanya di luar kamar dan di beranda depan).
Setiap orang memiliki kesempatan menginap di hotel, mungkin hanya sekedar menginap dan menikmati fasilitas yang diberikan, atau menginap karena sedang melakukan aktivitas hiburan atau rutin seperti dinas keluar kota atau konser keluar negeri.
Nah, minat para pengunjung hotel dinilai dari pelayanan yang diberikan hotel tersebut sehingga membuat pengunjung yang menginap di hotel merasa puas dan nyaman, Dan biasanya hal tersebut ditandai dengan Bintang yang di berikan pada suatu hotel.
Lantas, apa sebenarnya arti dari bintang tersebut? Apa hanya sebagai hiasan atau pajangan di iklan surat kabar atau tv?
Ternyata tidak! Bintang tersebut menyatakan kelas yang dimiliki hotel tersebut. Taraf bintang bisa dimulai dari bintang 1 hingga bintang 5 bahkan lebih. Semakin banyak bintang yang dimiliki suatu hotel, maka semakin lengkap pula fasilitas yang diberikan untuk para pengunjung.
Menurut peraturan suatu negara, menentukan hotel berbintang dapat dinilai dari :
1. Jumlah kamar yang disediakan hotel untuk para pengunjung yang akan menginap
2. Struktur dari bangun hotel tersebut
3. Perlengkapan dan fasilitas yang disediakan hotel
4. Mutu Pelayanan Hotel
Nah, syarat - syarat yang dimiliki hotel berbintang dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
Hotel Berbintang 1 ( * )
- Sebuah Hotel akan dikatakan berbintang satu jika minimal memiliki :
Kurang lebih memiliki 15 kamar hotel, 1 kamar suite room, dan restaurant.
Hotel Berbintang 2 ( * * )
- Sebuah Hotel akan dikatakan berbintang dua jika minimal memiliki :
Kurang Lebih memiliki 20 kamar hotel, 2 kamar suite room, restaurant dan memiliki fasilitas tambahan.
Hotel Berbintang 3 ( * * * )
- Sebuah Hotel akan dikatakan berbintang tiga jika minimal memiliki :
Kurang Lebih memiliki 30 kamar hotel, 3 kamar suite room, restaurant, dan memliki fasilitas tambahan.
Hotel Berbintang 4 ( * * * * )
- Sebuah hotel akan dikatakan berbintang empat jika minimal memiliki :
Kurang lebih memiliki 50 Kamar hotel, 4 kamar suite room, restaurant, taman , kolam renang serta fasilitas tambahan lainnya.
Hotel Berbintang 5 ( * * * * * )
- Sebuah Hotel akan dikatakan berbintang lima jika minimal memiliki :
Kurang lebih memiliki 100 kamar hotel, 5 kamar suite room, restaurant, taman, kolam renang serta fasilitas tambahan lainnya.
Kabarnya, sekarang ternyata sudah ada hotel berbintang 6 (* * * * * * ). Tentu saj hotel tersebut memiliki fasilitas yang Lengkap dan melebihi Syarat dari kelima kelas diatas. Semakin banyak fasilitas yang ditawarkan, semakin besar pula Biaya yang perlu anda keluarkan hanya untuk menginap dan menikmati fasilitas di hotel berbintang.
Nah, bagi anda yang ingin menginap di hotel, ada baiknya dikenal pula beberapa istilah yang kerap digunakan dalam dunia perhotelah, supaya anda tidak bingung ketika bertransaksi di hotel. Karena kenyataannya memang ada beberapa pengunjung yang belum paham istilah-istilah yang dipakai di sebuah hotel, yang umumnya menggunakan istilah asing.
Berikut beberapa istilah itu dan artinya, di antaranya :
1. Safe Deposit :
Fasilitas yang diberikan hotel untuk menyimpan barang - barang berharga milik tamu.
2. Suite room :
Kamar dengan fasilitas lounge area ( ruang bersantai )
3. Twin room :
Kamar yang memiliki 2 kasur yang terpisah.
4. Standard Room :
Kamar yang disediakan oleh hotel dengan fasilitas standar yang biasanya tidak menawarkan makanan dan tanpa diskon.
5. Resevation :
Pemesanan kamar hotel sebelum menginap, baik melalui telepon atau internet.
6. Reception :
Tempat untuk mendapatkan informasi tentang hotel dan untuk check in. Petugas di sini biasa disebut sebagai receptionist.
7. Low Season :
Tarif standar murah karena permintaan kamar menurun seperti awal masuk sekolah atau bekerja.
8. Group rate :
Tarif khusus untuk tamu rombongan.
9. Guest House :
Bangunan rumah yang disewakan untuk wisatawan dengan tarif dibawah harga hotel. biasa disebut sebagai wisma atau mess.
10. HouseKeeping :
Petugas hotel yang menjaga kebersihan dan keamanan hotel.
11. Hostel :
Penginapan yang diberikan pada pengunjung yang suka berhemat.
12. High Season :
Tarif standar menjadi mahal karena permintaan kamar menaik seperti awal liburan.
13. Homestay :
Rumah penduduk yang disediakan untuk para wisatawan yang ingin menginap.
14. Front desk :
Tempat dimana anda akan menerima kunci, salam bila ingin menginap dihotel.
15. Extra Bed :
Fasilitas kasur tambahan jika tamu melebihi kasur yang disediakan.
16. Double Room :
Kamar untuk 2 orang yang memiliki kasur yang cukup besar.
17. Deluxe Room :
Salah satu kamar diatas kamar standar atau biasanya. yang membedakannya adalah ukurannya serta fasilitas yang diberikan.
18. Corparate Rate :
Tarif khusus untuk para tamu perusahaan yang sudah biasa menginap.
19. Confirmed Booking :
Konfirmasi tertulis dari pihak hotel bahwa permintaan kita di setujui oleh pihak hotel.
20. Check in :
Waktu awal masuk hotel. biasanya setiap hotel berbeda waktu check in, namun standarnya jam 1 siang.
21. Check in :
Waktu keluar meninggalkan hotel.
22. Longue :
Ruang atau aula tempat mengobrol dan bersantai di (biasanya di luar kamar dan di beranda depan).
loading...
0 komentar:
Post a Comment
Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih